Pages

Cari Blog Ini

Jumat, 17 Mei 2013

LKMM-TPD Biologi

LKMM-TPD Biologi

LKMM-TPD Biologi (Latihan kepemimpinan Management Mahasiswa- Tingkat Pra Dasar)

 ket-gambar
"Menumbuhkan nilai-nilai kepemimpinan mahasiswa melalui LKMM-TPD upaya mewujudkan mahasiswa yang berprestasi dan berkepribadian"

Secara umum pelaksanaan LKMM bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa berupa wawasan, sikap dan keterampilan untuk memberdayakan organisasi kemahasiswaan agar menjadi lebih efektif, inovatif dan produktif dengan berdasarkan pada prinsip-prinsip dan kaidah manajerial. Tujuan di atas dapat dirumuskan lebih lanjut sebagai berikut :
1) Mahasiswa memiliki kemampuan manajerial yang sepadan dengan tanggungjawabnya.
2) Mahasiswa memiliki tanggungjawab dan sikap mandiri melalui kegiatan berorganisasi.
3) Mahasiswa mengembangkan sikap positif yang berorientasi pada pencapaian prestasi terbaik.
4) Mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah dalam praktik berorganisasi.
5) Mahasiswa mampu menerapkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta rasa cinta tanah air melalui berorganisasi.

Melalui LKMM diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan berorganisasi, dan melatih diri dalam kegiatan manajemen organisasi yang terarah dalam rangka memantapkan sikap dan mengembangkan wawasan serta kemampuan kepemimpinan untuk dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai kader bangsa. Bekal pengalaman yang di dapatkan dari kegiatan ini yaitu:
a. Ketrampilan berkomunikasi
b. Pola pikir prestatif
c. Kenali diri, gali potensi, raih prestasi
d. Berfikir kritis

A. Ketrampilan berkomunikasi
Komunikasi secara umum adalah suatu proses pembentukan, penyampaian penerimaan dan pengolahan pesan yang terjadi di dalam diri seseorang dan atau diantaranya dua atau lebih dengan tujuan tertentu. Dengan ketrampilan berkomunikasi maka akan terjamin keserasian atau kesesuaian dan keterpatan dalam menyampaikan khususnya di organaisasi. Komunikasi dalam organisasi adalah suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang yang mencapai beberapa tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi melalui hierarki otoritas dan tanggungjawab. Membangun Prinsip Two way communication (komunikasi dua arah) dengan tujuan mempersatukan kerjasama, mencapai cita-cita bersama dalam pribadi maupun kelompok.

B. Pola pikir prestatif
 Orang yang prestatif adalah orang yang innisiatif, leading, berani beda, dan kreatif. Dengan percaya diri, berorientasi pada hasil, berani mengambil resiko, berjiwa pemimpin, orisinil, berorientasi ke masa depan.

C. Kenali diri, gali potensi, raih prestasi
Pengenalan diri merupakan kemampuan seseorang untuk melihat kekuatan dan kelemahan yang ada pada dirinya sehingga dapat melakukan serpon yang tepat terhadap tuntutan yang muncul dari dalam maupun dari luar. Pengenalan diri adalah salah satu cara untuk membentuk konsep diri. Setiap orang memiliki potensinya masing-masing dengan menggalinya maka ia akan lebih percaya diri dengan potensi yang dimilikinya. Hal tersebut memungkinkan untuk meraih prestasi dengan jalan yang telah di rangkainya.

D. Berfikir kritis
Kemampuan berfikir pada manusia alamiah sifatnya, berfikir sebagai suatu proses dimana representasi mental baru baru dibentuk melalui transformasi informasi dengan interaksi yang kompleks atribut-atribut mental seperti penilaian, logika, imajinasi dan pemecahan masalah (Salso, 1998 dalam khodijah,2006:117). Sedangkan berfikir kritis menurut schaferman,S.D (1991) adalah berfikir beralasan, mencerminkan, bertanggungjawab, kemampuan berfikir yang difokuskan pada pengambilan keputusan terhadap apa yang diyakini atau yang harus dilakukan.
Strategi berfikir kritis :
Memiliki kekuatan kesadaran
Memiliki Kekuatan konsentrasi
Memiliki kekuatan tujuan

Kekuatan berfikir kritis :
Melahirkan mental sangat kuat
Melahirkan nilai strategis
Melahirkan bibit kreativitas
Melahiekan efektivitas
Melahirkan ide kreatif Melahirkan kekayaan intelektualitas

NB : jika masih ada yang kurang dari materi LKMM-TPD biologi ini bisa di perdalam wawasan anda bisa googling di om google ?  http://www.google.com/  Terimakasih, salam sobat soul.
 Hima biologi IKIP PGRI Semarang.

sumber : http://soul11.mywapblog.com/lkmm-tpd-biologi.xhtml

1 komentar: